Wednesday, October 02, 2013

Nggak Punya Document Editor? Pakai aja Google Drive

Hari gini, jamannya cloud computing. Semua aplikasi yang umum sepertinya sudah ada di internet. tinggal bikin registrasi user, jadi deh komputer kita lengkap dengan aplikasi yang bisa di pakai secara online. Mau Mengetik laporan, buat presentasi, mengolah data melalui spreadsheet, buat gambar, semua bisa di lalukan menggunakan aplikasi berbasis web. Tentu saja komputer kita sudah terhubung dengan internet.

Salah satu yang populer adalah google drive. Dahulu kala namanya Google Docs. namun sudah setahun terakhir berganti nama menjadi google drive. Sesuai namanya, kita seolah-olah mempunyai ekstensi hardisk yang tersimpan di dunia maya sana, di servernya mbah google. Di sana kita bisa menyimpan file-file kita dan sekaligus dapat mengedit sesuai kebutuhan secara online. Jadi meskipun kita tidak menginstal document editor di desktop kita, kita bisa membuat dan mengeditnya secara online. Baik itu document, spreadsheet ataupun file presentasi.

Begini nih contoh tampilah folder, file dan tampilan aplikasi spreadsheet.

Google Drive Folder
tampilan file dan folder

Google Spreadsheet Editor Web
tampilan spread sheet, terdapat menu-menu editor

Cara Pakai

Bagaimana memanfaatkan fasilitas ini? jika kita sudah memiliki account email google, secara otomatis kita sudah bisa memakainya. kemudian apa saja yang bisa dilakukan disini?
  • membuat dokumen baru atau mengupload dokumen yang ada. 
  • kolaborasi, dan sharing, file yang kita buat, meskipun bisa kita jaga kerahasiaannya, hanya kita owner sendiri yang bisa mengakses, namun bis ajuga di buat orang lain yang kita share bisa membuka, mengedit dan mendownload file secara bersamaan. 
  • khusus untuk spreadsheet, jika kita menginginkan orang lain secara bebas memasukkan data untuk kita kumpulkan dalam sebuah sheet, kit abisa membuat form input dan mempublishnya dalam sebuah alamat url tertentu. fasilitas ini  bisa diembedd ke dalam sebuah halaman web. menu ini bisa diakses melalui Tool >> Create Form pada spreadsheet editor.
  • sinkronisasi file dengan smartphone android, komputer dari mana saja, dengan menginstall google drive pada device kita. 
jadi ketika semua sudah terkoneksi ke internet, semua fasilits bisa kita berdayakan dengan optimal, dengan investasi seminimal mungkin. Untuk saat ini google masih menggratiskan aplikasi ini, jadi manfaatkan sebaik-baiknya. Kalau masih ada yang gratis, kenapa harus beli? Namun sayangnya, untuk kompatibilitas dengan aplikasi Office dari tetangga sebelah punya microsoft, rasanya masih ada perbedaan, misalnya untuk spreadsheet, banyak fungsi yang belum kompatibel seperti formula yang masih berbeda, fungsi pivot dan sebagainya.
Saat Ini banyak terdapat layanan lain yang hampir serupa, misalnya office365


No comments:
Write komentar
Recommended Posts × +