Friday, December 25, 2009

Pasang Wireless



Sudah 2 bulan ini di rumah ada sinyal wifi lo :D. ( sudah 2 bulan kok baru di tulis sekarang mas..kemana aja. pamer juga! ). Hmm.. setelah memutuskan untuk berhenti langganan Tel****el FL*sh karena keterbatasan quota aku putuskan untuk berlangganan Speedy Telkom. Kebetulan pas ada penawaran pasang kabel telpon rumah yang katanya - nggak tau ini cara salesnya memanas-manasi aku atau tidak- sisa kabel telepon di komplek rumah cuma tersisa 2 biji. karena kebetulan lagi butuh koneksi internet baru dan lumayan juga bisa pasang telpon gratis untuk investasi kedepannya. Aku putuskan untuk ambil tawaran itu. Ya.. pasang kabel telpon sekaligus langganan internet Speedy.


Dengan harga pasang Rp limaratus ribu dan biaya pasang speedy tujuhpuluh lima ribu plus gratis modem ADSL, Dang! dalam waktu 3 hari on air juga koneksi speedy di rumahku. Dengan begini aku bisa online tiap saat kalo pas di rumah dan kapanpun (kalo lagi nggak males :p ) permintaan kerja kirim atau cek imel kantor, koneksi VPN ke network OMC bisa aku lakukan. Adikku pun juga bisa pakai untuk kebutuhan kuliahnya ga perlu lagi ke warnet..halah banyakan juga cuma buat ngaskus 'n fesbukan dia.. But it's Ok untuk nambah wawasannya toh pakai ga pakai juga sama aja bayarnya.
oh ya untuk langganan per bulannya sama mas sales nya di kasih tawaran untuk fixed 145ribu sebulan unlimited ( paket family ). Dengan catatan pemakain di kasih quota 3GB dengan speed 384Kbps. teorinya setelah pemakain itu speed diturunkanmenjadi 128 Kbps. Cukup Lumayan lah. Dibandingkan dengan konksi 3G yang sebelumnya aku pakai masih lebih cepat. dan yang pasti lebih stabil. Kenyataannya, tida terduga, untuk koneksi internet lokal, cukup bagus, bahkan selama ini cukup stabil kecepatannya bisa mencapai 1,7 Mbps. lebih dari yang dijanjikan. Tidak tau pasti apakah karena pemakain selama 2 bulan ini masih dibawah 3GB atau tidak, malals ngecek nya , yang pasti dari hari ke hari selama sebulan dengan pemakain wajar, sering download dan akses ke youtube.com juga, koneksi masih tetap stabil. Untuk fasilitas teleponnya sendiri, hanya untuk bisa incoming alias hanya bisa terima telepon dengan abonemen gratis tiap bulannya. jadi ya murni hanya bayar internet speedy saja.


Untuk LAN sendiri, karena pemakaian di rumah sharing dengan beberapa komputer, aku extend dengan perangkat wireless LAN. Jadi kalo mampir ke rumah atau di seputaran rumahku masih dapat sinyal dengan SSID "Home Internet" boleh pakai lo.. asal sewajarnya saja..maklum masih unlimited yang belum benar-benar unlimited. Untuk passwordnya boleh via Japri saja :p

Buat jaringan wireless cukup mudah kok, asal ada modal 400 ribuan :D untuk beli wireless hub nya, dan sudah ada koneksi internet, bisa juga kalo mau pakai modem 3G. Proses instalasi cukup mudah, cukup terbantu dengan panduan dari installer CD nya dan akses ke konsole hub menggunakan internet explorer.

Selamat ber internet ria..semoga bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif dan produktif.

1 comment:
Write komentar
Recommended Posts × +