Saturday, December 26, 2009

Perangkat Wireless (CDMA)

Bermula dari kebutuhan kerjaan yang kadang-kadang butuh test call, maka aku belilah HP CDMA. Sengaja aku pilh HP CDMA yang sekaligus bisa untuk jadi modem, jadi bisa untuk test call voice maupun data service. Bisa di pakai juga kalo pas lagi mobile butuh koneksi data internet.
Maka Pilihan pun jatuh pada hape Nokia 2608. Dengan model yang lumayan fashionable, mungil dan fitur yang lumayan lengkap ( mengingat minim pilihan gitu loh untuk hp cdma ).
Fitur yang ada cukup lengkap dan bisa mewakili kebutuhanku : basic service ( voice, SMS ) tentu saja, aplikasi bawaan ( calender, alarm,converter ), WAP, dan tentu saja fungsional sebagai modem. Kalo baca dari situs resminya dan tanya langsung ke counter resmi, mereka pasti akan jawab tidak bisa di pakai modem. namun pengalaman sebelumnya dengan hape Nokia 1508, kale di dalem fitur nya sudah mendukung untuk aplikasi browser, pada umumnya juga mendukung unutk komunikadi data sebagai modem. Nah disinilah permasalahan yang muncul, kita harus cari sendiri mulai dari kabel data, driver dan coba2 untuk jadikannya sebagai modem.
untuk ke-2 jenis hape yang aku sebut tadi, kebetulan interface kabel data nya sama, yaitu bisa pakai kabel portmicroUSB. Kebetulan yang aku pakai cable CA-101 yang aku pakai untuk Nokia 1508 dulu. namun kalau tidak punya bisa pakai kable data portmicro USB yang umum ( sudah aku coba dengan kabel data-nya BlackBerry Gemini, bisa bekerja).

Kalau sudah ada kabel sekarang tinggal masalah driver. Dari ke dua hape tadi juga sudah ada support PC suite, jadi ya gampang sekali tinggal install PC suite dan, setting koneksi CDMA dengan memasukkan username dan password. Untuk Nokia 2608 bisa di download di sini. Dan yang Nokia 1508 bisa di download dari sini . Dengan instalasi software ini otomatis driver juga akan terinstal dan hp siap dipakai sebagai modem. Untuk koneksi internet tinggal klik ke menu Connect to Internet > Pilih type HP yang dipakai > Setting > masukkan nomer dial (#777), user name dan password. OK koneksi internet CDMA bisa dipakai. Wajarnya koneksi CDMA berkisar antara 50-150Kbps. Sudah cukup menurutku untuk browsing2, buka facebook, baca dan kirim email serta chatting. Dan mengenai tarif internet banyak pilihan yang bisa dipakai.

2 comments:
Write komentar
Recommended Posts × +