Monday, October 21, 2013

Mengenal Cloud Computing

saat ini dimana-mana kita dengar istilah "cloud computing". Hampir di setiap kesempatan diskusi IT, seringkali disebutkan dalam majalah IT, website dan blog yang membahas IT. Karena perkembangan IT yang selalu up to date dengan perkembangan jaman, bahkan selalu mengikuti gaya hidup dan fashion pengguna, maka tidak heran jika sebuah layanan IT selalu berubah bentuk setiap saat. Begitu juga dengan cloud computing, sakin cepatnya berkembang, saat ini sudah banyak sekali ragam dari layanan cloud computing. Jika kita menanyakan istilah tersebut kepada beberapa orang, maka pasti akan timbul definisi yang beragam, ya memang karena cloud computing itu sendiri sudah sangat menawarkan banyak pilihan layanan.

Bagaimana cara kerjanya?

arsitektur jaringan cloud computing

Cloud computing tidak sesederhana sebagai jaringan komputer yang terhubung ke internet. Lebih jauh dari itu, cloud computing merupakan konstruksi dimana pengguna melalui perangkat klien dapat mengakses sumber daya berupa aplikasi, database, atau penyimpanan data, di sebuah data center yang berada jauh di luar sana, melalui koneksi internet. Berbeda dengan kondisi pada masa yang lalu dimana aplikasi dan data tersimpan berada di koputer kita ata berada di LAN. Bahkan untuk aplikasi seperti document editor pun saat ini bisa saja kita tidak perlu instal sendiri di komputer klien kita, kita bisa mengakses aplikasi di server di luar jaringan kita.

Dengan cara seperti ini, tentu saja sebuah perusahaan akan sangat menghemat biaya infra struktur. Jika di masa lalu, perusahaan perlu membayar investasi untuk pembelian perangkat server, sekarang cukup membayar biaya sewa untuk hosting aplikasi di sebuah penyedia jasa layanan. Semua aktifitas perawatan, upgrade, dan pembelian investasi perangkat dilakukan oleh penyedia jasa. Personel IT dapat berkonsentrasi pada strategi pengembangan proses bisnis IT di organisasi.

Komponen Cloud Computing

Secara sederhana, komponen dalam sebuah sistem cloud computing dapat dibagi menjadi beberapa elemen :
  • client : merupakan klien pada umumnya yang digunakan oleh penggunan akhir. Sama seperti pada jaringan biasa, yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem. 
  • data center : merupakan tempat dimana server berada yang merupakan hosting dari layanan yang diakses, dan disediakan oleh penyedia layanan (provider). Saat ini ada trend virtualisasi. artinya bisa saja kita mengakses ke dalam berbagai jenis layanan, namun secara fisik sebenarnya hanya satu server saja semua layanan itu terlayani.
  • distributed server : untuk sistem aplikasi yang memiliki daya jangkauan yang besar dari segi user dan kompleksitas aplikasi, bisa saja satu aplikasi tersebar ke dalam beberapa server, yang mana server-server tersebut terpisah secara geografis. Namun mereka bekerja secara bersama-sama untuk melayani suatu masalah yang sama. 

No comments:
Write komentar
Recommended Posts × +