Monday, October 21, 2013

Apa itu Office 365?

mengenal office 365Baru dengar yang namanya Office 365? apaan tuh... kok kayak jumlah hari dalam setahun aja. Hehe sebenernya udah lama denger juga sih. Tapi baru aja akhir-akhir ini mau mulai mempelajari lebih dalam karena baru saja punya account yang di dapat dari kerjaan. Dan baru kulitnya aja taunya.. so sabar aja ya. .nanti juga pasti disini kok kalo udah ahli :). Kalo dulu sih mikirnya Office 365 seperti productnya Google, itu loh kolaborasi pemakaian file secara bersama dalam aplikasi Google doc ( namanya sebelum jadi Google Drive ). Kalau di Google sendiri sudah sedikit banyak makai, secara aplikasi gratis gitu lo.. Nah di Office 365 ini karena bawaannya microsoft tentu saja banyak sekali kompatibelnya dengan Windows dan aplikasi Office sebelumnya ( Office 2010 ke bawah).

Jadi untuk bisa memakai fasilitas aplikasi cloud computing ini, tentu kita harus sudah punya account microsoft. Bisa memakai email apa saja kok. Dan untuk saat ini masih ada promo gratis satu bulan pertama. bisa di cek di websitenya. Namun sayang, meskipun gratis, si empunya software masih berharap kita sebagai user, setelah sebulan nanti harus berlangganan. Lumayan mahal juga ya.. 72 ribuan per bulan atau 729 ribuan per tahun, untuk pemakaian sampai dengan 5 PC. Namun sepertinya sepadan lah dengan apa yang didapat, Karena dengan punya user itu, otomatis sudah bisa memakai install aplikasi Office Di desktop, bisa juga memakai aplikasi secara online melalui portal webnya. Satu lagi yang penting adanya penyimpanan online melalui fasilitas Sky Drive.

Selain itu apa saja dong yang di dapat dari registrasi di Office 365?

Sabar ya, nanti kalau sudah familiar kita share disini user experiencenya. Sekarang preview dulu, soalnya masih belum install juga untuk semua fitur aplikasi yang ada. Yang pasti dengan user office 365, bisa memanfaatkan:
  • instalasi desktop dari beragam aplikasi komunikasi, email dan document editor atau office seperti word, spreadsheet, power point untuk presentasi.
  • menyimpan file secara online, fasilitas skydrive 20GB
  • akses dari mana saja, sejauh masih bisa koneksi internet, user bisa mengakses dokumen yang disimpan secara online dan mengeditnya. 
  • mendapatkan update software secara gratis, termasuk didalamnya gratis template untuk memulai dokumen baru.
Nah kalo itu sih standar kan. Dari tetangga sebelah di Google Drive, juga sudah ada. Namun ada kelebihan lain yang ditawarkan yaitu adanya aplikasi Lync, bisa dimanfaatkan untuk kolaborasi, meeting online, komunikasi audio visual dan sharing screen pemakaian program. Tidak cukup segitu,  kita juga bisa mengelola semua itu dalam sebuah portal yang bisa di share dengan relasi kita. Oke cukup segitu dulu previewnya. Untuk detilnya nanti menyusul ya. c u

No comments:
Write komentar
Recommended Posts × +